Kota Sungai Penuh Diresmikan 6 Bulan Lagi

Kota Sungai Penuh Diresmikan 6 Bulan Lagi

Saturday, 05 July 2008

JAKARTA — Kota Sungai Penuh yang merupakan pemekaran dari kabupaten Kerinci akan diresmikan minimal enam hingga tujuh bulan kedepan. Mengingat, menurut Direktur Pejabat Negara Ditjen Otda Sapto Supono, 12 Daerah Otonom Baru (DOB) yang sudah disahkan lewat sidang paripurna DPR RI pada Selasa (24/7) lalu belum ada undang-undangnya.

“Meresmikan daerah otonom baru bukan langsung saja. Ada proses yang harus dilalui terutama aturan dalam UU 32 Tahun 2004 dan PP 6 Tahun 2005,” kata Direktur Pejabat Negara Ditjen Otda Sapto Supono.

Proses yang harus dilewati, jelas Sapto, setelah pengesahan 12 RUU dalam sidang paripurna DPR, harus menunggu dikeluarkannya 12 UU lagi oleh presiden. Jangka waktunya 30 hari terhitung tanggal disahkannya 12 DOB di DPR RI.

“Kalau undang-undangnya sudah keluar, baru menunggu peresmian dan itu butuh waktu enam bulan lagi,” tukasnya.Seperti diketahui 24 Juli lalu, 12 RUU telah disahkan dalam sidang paripurna. 12 RUU tersebut adalah pembentukan Kabupaten Labuhanbatu Selatan di Sumut, Kabupaten Labuhanbatu Utara di Sumut, Kabupaten Bengkulu Tengah di Bengkulu, Kota Sungai Penuh di Jambi, Kabupaten Lombok Utara di NTB, Kabupaten Sigi di Sulteng, Kabupaten Toraja Utara di Sulsel, Kabupaten Bolmong Timur di Sulut, Kabupaten Bolmong Selatan di Sulut, Kabupaten Maluku Barat Daya di Maluku, dan Kabupaten Ambas di Riau.

Hal senada diungkapkan Kasuspen Depdagri Saud Situmorang. Setelah selesai diparipurnakan, 12 RUU akan diserahkan kepada pemerintah untuk disahkan lewat UU. Menurut ketentuan dalam UU No 10 Tahun 2004, tentang Pedoman Penyusunan Perundang-undangan, paling lambat 30 hari sejak RUU yang telah diparipurnakan DPR RI diterima, RUU tersebut disahkan dan diundangkan.

“Di dalam UU 32 Tahun 2004 dan PP 6 Tahun 2005 disebutkan, paling lambat enam bulan –terhitung sejak tanggal RUU diundangkan– daerah otonom baru itu baru bisa diresmikan,” tandas Saud.

Sementara itu Ketua Panitia Ad Hoc I DPD RI Marhany Pua berharap, 12 UU tersebut bisa secepatnya diselesaikan bulan ini agar bisa masuk dalam Dapil Pemilu 2009 mendatang. “Kalau lewat bulan ini, berarti 12 DOB ini tidak bisa dimasukkan dalam Dapil sendiri karena bulan Juli merupakan batas penentuan daerah pemilihan oleh KPU,” tuturnya sembari menambahkan, jika peresmiannya lewat bulan ini, Dapil 12 DOB akan dimasukkan dalam daerah induk. (esy/JPNN)

sumber jambi ekspres

pengirim dendi setiawan

38 thoughts on “Kota Sungai Penuh Diresmikan 6 Bulan Lagi

  1. wow, hebatnya kota sungai penuh, saya bahagia sekali kota sungai penuh naik klas jadi kota otonom dan bisa ngurus adminstrasi sendiri. pokoknya saya bahagia, tentu peluang usaha dan bisnis lebih terbuka bagi warga kerinci dan kerinci akan lebih maju pesat. berarti ada variasi kepemimpinan di kerinci : kota sungai penuh dengan walikotanya dan kabupaten yang tetap dipimpin oleh bupati, hebat sekali nden istilah katanya “two in one”.

    trims,
    Drs.Saddia Naizal Norewan
    Guru Bhs inggris SMA Negri 1 Sungai Penuh
    sekarang Mhs Tugas Belajar Pemerintah Kabupaten Kerinci
    di Universiti Malaya, Kuala Lumpur
    Malaysia.

  2. Pemekaran Kabupaten Kerinci Harga Mati Untuk Pembangunan Bumi Sakti Alam Kerinci
    Kabupaten Kerinci yang luas dengan alam yang di kelilingi oleh Bukit Barisan adalah salah satu Kabupaten yang memiliki panorama yang indah di dukung oleh sosio kultural masyarakatnya. Pemekaran kabupaten Kerinci menjadi Kabupaten Kerinci dan Kota Madya Sungai Penuh adalah mutlak dan tidak bisa ditunda-tunda lagi. Untunglah pada tanggal 25 Juni 2008 pemekaran itu telah terjadi dengan sah. Pemekaran Kabupaten Kerinci untuk mempercepat pembangunan Kerinci kedepan mengingat daerah ini cukup luas.Pemekaran ini akan memudahkan pemerintah kabupaten dan Kota Madya untuk membangun Kerinci dan meningkatkan PAD kabupaten dan Kota Madya Sungai Penuh.

    By: Drs. Saddia Naizal Norewan.

  3. tempat kelahiranku tidak lagi sakti alamnya sudah dibelah menjadi dua apanamanya sekarang masih sakti alam kerinci? bagaimana dengan kota sungai penuh? dan pusat kabupatennya ngatau dimana apa di siulak apa di sanggaran agung sebenarnya saya setuju berarti ada peluang saya bisa pindah ke kerinci padahal saya setuju dengan pendapat pak bupati sekarang dibagi tiga kab. danau kerinci , kab. gunung kerinci dan kota sungai penuh tapi yaaaa ngapa2 semoga kerinci cepat maju semoga pembangunan merata yaa majeu kincai salam untuk uhak kincai galo2

  4. Saya menyambut dengan suka cita akan lahirnya kota Sungai Penuh sebagai kota baru di Indonesia.Sukanya saya krn kota ini menjadi impian saya sejak saya lahir disana.Sukanya saya lagi krn kota ini menjadikan kota pemerintahan dan kota perdagangan dimasa depan.Cita-cita saya kedepan akan menjadikan kota ini menjadi kota terdepan di Propinsi Jambi dan menghidupkan kota-kota lainnya.

  5. Ada rasa gembira menyambut kota sungai penuh menjadi daerah otonomi dengan tujuan agar bisa lebih berkembang untuk yang akan datang, tapi disisi
    lain saya juga khawatir akan kemajuan tersebut ini disebabkan selama 33 tahun saya tinggal di sungai penuh sampai sekarang belum ada perkembangan yang berarti baik secara SDM maupun infrastruktur.

    Mungkin ini homework yang harus dijalani dan ditinjau oleh pemimpin baru agar perkembangan dan kesejahteraan masyarakat kerinci lebih sejahtera dan menciptakan sesuatu image baru bagi kota kerinci.

    Han
    Alumni SMA PGRI 1 Sungai penuh.
    Alumni akademi pariwisata di Padang
    Sekarang di Belgia..bekerja sebagai Tours Operator

  6. Saya sebagai orang kerinci meskipun sudah puluhan tahun tidak pulang kampung,sangat merasa senang dengan perubahan kab kerinci menjadi kota madya,semoga saja sdm yang ada sekarang dapat mengubah wajah kota kerinci menjadi kota otonomi yang bersih dari segala kecurangan.

  7. Selamat untuk Kota SUNGAI PENUH!!!

    Bagi saya sebagai putera kincay yang lahir di kincay, meskipun Bapak saya orang Jawa dan Ibu dari Padang, sekolah dari SD – SMA di Sungai Penuh, tetap saja saya merasa tumpah darah saya di Sungai Penuh. Terakhir saya pulang ke Sungai Penuh Juni 2006, dan jujur saja saya masih prihatin dengan kondisi infrastruktur jalan dari Bangko ke Sungai Penuh. Ketika itu saya dalam perjalanan dinas dari Jakarta ke Jambi, dan saya sempatkan untuk survey lokasi bisnis perusahaan saya di Sungai Penuh karena saya dengar bahwa di Sungai Penuh sudah ada Kincay Plaza, yang akhirnya saya lihat belumlah layak untuk disebut sebagai Plaza. Lebih tepat disebut ruko pasar..
    Memasuki kota, sedikit ada perubahan dipusat kota. Agak lumayan bersih. Tetapi, begitu menyusuri pinggiran kota arah ke Rawang, dst…kotoran sapi dan kuda bertebaran dijalanan…Hmmm..kebiasaan lama yang belum berubah dari masyarakat kita. Kapan ya semua ini bisa jadi lebih baik???

    Saya menginap di hotel Aroma, begitu check-in pagi jam 6 pagi, saya dapatkan karyawan hotelnya tidur di lobby menggelar tikar dan kasur!! Ini sungguh merupakan potret ketidakprofesionalan penyelenggara pariwisata di Sungai Penuh. Sebagai praktisi perhotelan selama 15 tahun, saya merasa sedih melihat ini. Bagaimana mungkin Pemda bisa menggalakkan pariwisata kalau perilaku dan sikap SDM tidak dibenahi? Baiklah, mungkin itu hanya terjadi di hotel Aroma, mudah-mdahan tidak merupakan gambaran keseluruhan dari wajah perhotelan di Sungai Penuh.

    Kalau Sungai Penuh memang ingin jadi kotamadya, tolong benahi semua aspek yang menunjang untuk itu. Infrastruktur, SDM, Fasilitas pelayanan, dsb..Berikan pelatihan yang memadai untuk SDM pariwisata (Hotel, pemandu, rstaurant, dsb). Ini adalah tanggung jawab Dinas Pariwisata Daerah. Saya mendukung penuh dan sangat antusias akan perkembangan Sungai penuh khususnya dan Kerinci pada umumnya.

    Siapapun yang jadi pemimpinnya, saya berharap Sungaipenuh akan jadi lebih maju dan berkembang.

    Wassalam
    Irmadianto

  8. saya sangat setuju sekali kalau Kerinci sekarang pemekaran, yaitu menjadi 2 bagian: 1) Kota Madya Kerinci/ Kota Sungai Penuh, dan 2) Kabupaten Kerinci. Maju terus Kincai, kami uhang rantau selalu mendukung. Semoga menjadi lebih baik dan lebih berjaya.

  9. Saya…mewakili beberapa rekan2 saya yang ada di sungai penuh n di jakarta saya terakhir pulang waktu bulan desember 2007 kemaren karena ada keperluan..saya bekerja disalah satu perusahaan yang ada dijakarta pada waktu saya tahu kalau sungai penuh mau menjadi kota otonom saya sempat kaget dan saya melihat sungai penuh blm layak unk menjadi kota atonim karena dilihat dari fasilitas yang ada disungai penuh blm memadai kita bisa lihat jalan dari sungai penuh ke bangko jelek nya saudara mungkin sudah tau..apakah layak??? dan juga pasar yang jorok luar biasa apa layak???? trus taik kuda yang bertebaran..lebih baik kita membenahi dulu koto kerinci agar benar2 layak dan gak malu2in ama wisatawan karena sungai penuh salah satu kota pariwisata lengkapi dulu termasuk rumah ibadah khususnya unk umat kristiani, siapapun yang akan jadi bupati nanti saya harap jalan disekitar sungai penuh tolong diperbaiki yang berlubang2 tlong diaspal khususnya jalan yang mau ke tanah kampung n ke JAMBI
    semoga bisa ditanggapi demi kenyaman kita bersama…Thx

  10. dengan adanya pemekaran kota sungai penuh membuat rakyat kota menyerit.
    tolooooooong kamai…………………..
    toloooooooooooooooooooooooong kamai………………………….
    toloooooooooooooooooooooooooooooooooooong kamoi……………
    ngaimana bentuknya kota nanti kalu sekarang kabupaten seperti ini kota sungai penuh. yeritannya
    hancur kamai………………………………….
    hancuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur kamai………………………..
    pajak tinggggggggggggggggggggggggggggggggggggggi……………..
    semua bayaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaar………………..
    tuhan tolong kami rakyat kerinci yang lagi menderita.

  11. akh!!!!!! mendah qincai terlalu mendramatisir suasana.
    untuk pemekaran kerinci ini kan ada masa uji cobanya.
    kita lihat dululah.
    lagi pula kalau saya perhatikan kayaknya semua orang gak ada yang benar dimata mendah qincai. sementara apa yang telah mendah qincai lakukan untuk kerinci tercinta ini ? cuma berkoar?
    ukh !!!!!!!!
    cobalah untuk berfikir positif.
    jangan semua yang dilakukan orang salah melulu.
    keputusan yang disahkan untuk pemekaran itu diambil bukan seperti kita memutuskan untuk membeli martabak bangka atau membeli godok ubi.
    keputusan itu diambil pasti telah melalui penelitian, survey dan petimbangan pertimbangan yang matang. makanya ada masa uji coba.
    kalau semua orang salah melulu, lantas yang benar itu siapa?
    kasih dong solusi, jangan MANGANGO saja.
    OK?

  12. IYa yah….
    KpaN Muara BUngO JadI KoTa OtoNom…..
    PdHL muaRa BUnGo Tu sDah LayaK JadI KoTa…..
    udah punya UnIVerSitAs SenDiri N bkL PuNya BaNdara…..
    tRus KoTa Nya BersIh Lagi…..
    TrUtaMa Di JlaN Sultan Taha, Moh YamIn, SrI SudeWi n JlN ImaM BonJoL…
    WhY DOnT BunGO?????

  13. Sungai Penuh jadi kota otonom adalah kehendaknya Si ”FS” dan kroninya saja(yg menjilat di bawah ketiaknya). Biar dikira di akhir masa jabatannya dia berhasil…. :-( akh aku jadi malu nieh. Keberhasilan si munyuk cuman sampai di situ dan bisanya beli segalanya dg ‘duit rakyat’. Adipura ….? itu”khan dibelinyo.
    Gelar ini dan itu yg ado pado bininyo…? jugo beli
    Bangun bandara ber kali-kali ….? ini disunat uangnyo ber kali-kali
    bangun bendungan lubuk nagodang…..? sunatnyo hampir 50 persen
    perbaikan jalan di mano-mano…..? semua jugo disunat bersama kepala dinas PU. Sungguh sayang salamo ini….anak buahnyo bodoh galo….tak ado yg melapor ke Kpk atau sodorkan bukti ke Kejari & KPK. Sdh takut galo…….
    Apakah nanti kota otonom nak dibikinnyo begitu jugo dg kroni-2nyo ?
    Ahh…….ngango baelah Kayo …….lolo

  14. Assalamu’alaikum… uhang kincai…

    perkenalkan nama saya:ikhwanul khairi nak uhang pula tengah alumni sma n2 sungai penuh sekarang berada di pekanbaru melanjutkan kuliah di politeknik caltex riau…

    hmm…..
    klau di banding banding yach semua kota di jambi udah ketinggalan jauh ma di riau…

    tapi bagus lah….
    ada perkembangan,n nambah omset kito kincai….

    o,yach salut buat han yang di belgia…

    mau donk ke erupa…
    gimana caranya yach?

    o,yach klo ada yang mo share about kincai with me ni alamat yahoo massenger saya sekaligus friendster,facebook,hi5,myyearbook…:
    ikh_one_pcr@yahoo.co.id
    blog:1kh-on3.blogspot.com

    thanks before…..

    ganbatte kudasai buat kincai special sunagi penuh..
    sayonara…….

    majiu kincai

  15. Assalamualaikum Wr Wb
    Perkenalkan saya sebagai putra kelahiran koto rendah Siulak, sekarang berada di Yogyakarta, senamh sekali mendengar kemajuan kota Sungaipenuh tempat dimana saya dibesarkan, ditengah pasar sungaipenuh, saya teringat kawan-kawan dulu dari SR3 dan SMEP maupun SMEA kerinci, jika ada yang membaca email ini silakan kontak saya , salam semoga sukses

  16. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Selamat buat Kota Sungaipenuh,
    Semoga rakyatnya menjadi lebih maju dan sejahtera !

    Saya dulu sekolah di SMP Negeri 2 dan SMA Negeri 2 Sungai Penuh dan sekarang berada di Jakarta. Mau nyari info temen2 SMA Negeri 2 Sungaipenuh lulusan tahun 1989/90 kalo baca email ini mohon kontak Saya yah. Kangen nih…

  17. Wow!
    Sungai Penuh.
    Kota ini selalu mampu menciptakan kenangan. Apapun yang akan diperselisihkan oleh para politisi saya yakin itu semua adalah bukti kecintaan ,ereka terhadap tanah sakti. Stop Anarki!!!

    Salam

  18. kincai minin bulih lah di katokan majew,tapi…jalui idiuk ugiw tbniw.percuma jadi kota madya,cpns cuma dari unja louh dg bisiw,kamai dari STIT apaw gunau?

    -kincai membangun

  19. selamat untuk kota sungai penuh, binin lah jadi
    kota madya, harapan kamai dirantau moga-moga masyarakatnyo
    tambah baik/makmur, tapi ingat jangan lupakan budayo
    gotong royong seperti nulon anden/nulon bo karno itu adalah
    warisan nenek moyang kitao duleu inga itoh.

  20. Saat ini teman saya kehilangan adiknya yg bernama Agus Liza Susanti,wanita,20 th.Sudah 1 bulan ini tiada kabar berita.Siapapun yg bisa membantu,untuk keterangan lebih lanjut,tlg kirimkan email ke hawkeye_06041978@yahoo.com.Kami sangat berharap semua masyarakat Kerinci dan sekitarnya bisa membantu kami.Terimakasih

  21. assalamualaikum wr.wb
    selamat tuk kota sungai penuh,mudah2an bisa jdi kota nan iluk nian dan munjadi kenangan indah yg tak prnh terlupakn.maju khincay……..
    saya putra simp tanjung tanah kec.danau kerinci yang udah berdomisili dipekanbaru,saya tamatan sman 2 danau kerinci tahun 91/92 kalau ado kawan2 lamo nak crito silakan email yo.

  22. ass nama aq ucok,selamat untuk khincai yg tlah mmpu mandiri mnjdi sbuah kota otonom,aq brhrp kdpannya lbih mju,end khincai slalu damai,g ad lg kerusuhan antar kampung mau pun wrga lg,malu kito ditengok uhang…,smg rkyat krinci bs lbih sejahtera,kayu aro jg jgn mw ktinggalan,sbgai slh stu tempat objek wisata di kerinci mri kt majukan kayu aro agr stara dgn kcmatan yg lain,lupakan perbedaan,mri kito samo membangun kincai,siapapun yg ada ditnah kerinci itu adalah uhang kinci,kito samo galo,mai besatu..,aq lhir di kayu aro kinci meski ketrunan batak minang tp kito samo uhang kinci,tumpah drh di kinci, ilove kinci…..peace.Salam to alumni MAN1 KOTO LOLO SUNGAI PENUH Angkatan 2004…,suskes dari kami ikatan mahasiswa kayu aro-kerinci di padang.

  23. alhamdullilah….. mudah-mudahan kerinci bisa jadi kota yang besar dan maju. oleh sebab itu q berharap ada lowongan pekerjaan agar warga kerinci tidak banyak mengalami pengangguran.semoga kerinci menjadi kota yang makmur amien….
    maju kerinci!!!!!!!!

Tinggalkan Balasan

