Mumbangun Kerinci

Terasa miris melihat perkambangan kerinci hari ini. Setelah hampir 2 periode pemerintahan “nek”. Bisa dikatakan tidak ada pembangunan berarti, jika tidak mau dikatakan jalan ditempat. Yang ado proyek mercusuar, yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan masyarakat kerinci, seperti Bandara Depati PArbo, Kincay Plaza, FPMDK (Pesta Danau), dll. Bandara Depati Parbo sampai minin belum bisa dipakai, karena belum terselesaikan setelah bertahun-tahun pembangunannyo. Kalaupun sip bandara, siapo yang akan naik? paling pejabat kincy yang suka pergi studi banding ke luar daerah lah yang akan menikmati fasilitas tersebut dengan menggunakan dana APBD yang berasal dari pajak yang dibayarkan masyarakat.

Pejabat bersikeras membangun depati parbo, biar tidak merasakan bagaimana PARAHNYA JALAN ANTARA KERINCI-BANGKO. Yang sepertinya diPELIHARA untuk tetap rusak agar TETAP ADO PROYEK. kINCAY pLAZA sepi pengunjung, paling jadi tempat USIK petang-petang, kiosnya banyak yang kosong, padahal dananya luar biasa besar rP 9-an Milyar . Benahi dulu perekonomian masyarakat baru membuat plaza. Jangan keadaan ekonomi yang cenderung JALAN DITEMPAT (kalau tidak ingin dikatakan semakin sulit), selama 2 PERIODE Pemerintahan Fauzi SiIn -Hasani Hamid YANG GAGAL, malah kito membangun plaza. Idak salah tu?

Festifal danau Kerinci pun setali tiga uang . NYADO KONTRIBUSI YANG SIGNIFIKAN yang dihasilkan Festifal Danau Kerinci, Kecuali Menghambu-hamburkan UANG RAkyat DARi APBD. Milyaran Rupiah dana masyarakat, dihabiskan untuk “berpesta Pora”.

Dengan APDB Rp 200-an Milyar, idak pantas kondisi masyarakat kito model minin. Penghasilan dari sawah hanya cukup untuk BERTAHAN HIDUP. Yang tidak tahan dengan kondisi tersebut, merantau ke MalaYsia dengan menggadai ka Sawah, dan berhutang pado lintah darat. kulit manih ntah apu gilo nyu nak mahan belinyu!dan setumpuk permasalahan sosial lainnya yang tidak berhasil ditangani Fauzai-Hasani

Padahal fauzi&Hasani tau, mayoritas masyarakat Kincy itu PETANI, yang menggantungkan hidup dari hasil pertanian. Ini malah pariwisata yang lebih ditonjolkannya. Jadi memang 2 periode Fauzi-Hasani ini kito lah SALAH URUH, LAIN PENYAKIT LAIN UBAT YANG DIBAGIK!!! Agi ugo kito nak seperti ini untuk limo tahun kemuko. ???Momen PILKADA Kerinci tahun 2008 ini lah saat yang tepat bagi kito untuk memilih pemimpin yang benar-benar ingin melayani masyarakat. Minin lah jleh mano ngek Emas, mano ngek loyang. Agi Ugo kayo nak Salah pilih. ???

Minin, kalu ado ngek magik bantuan, kipen, janji-janji manis, trimo bae dulu, karno itu jugo kipen kito, dana APDb yang Disunat atau Upeti dari kontraktor yang disalurkan untuk dana kampanye dengan menyunat dana proyek. Tetapi Satu hal yang perlu kayo ingat,

Kerinci butuh PERUBAHAN, REVOLUSI KEPEMIMPINAN.Kita habiskan generasi “karek/soak, aus” di pemerintahan Kinci, dan kito isi dengan birokrat yang berniat membangun kincy.

kito butuh pemimpin yang berani melakukan itu semua, BUKAN PEMIMPIN KARATAN yang terbukti GAGAL.

48 gagasan untuk “Mumbangun Kerinci

  1. 16 maret 2008 jam 23.45, aku mukak site kurinci. ado perasaan senang sekaligus sedih. Senang bisa ngimak info tentang kerinci tercinta. Sedih ngimak gambar “nek”fauzi dengan petek hasani yang agi ugo makai baju”putih”. Dio sambin ka pulo “promosi’ hotel jaya wisata. mudah2an ado dio mayika biaya iklan. janga nak prai truh nek. janga aji mumpung. mudah2an di pilkada ngek nak tibo idak nyu memutuskan petek hasani maki “baju putih”. maeh kito samo2 kate amien….100x

  2. Assalamualaikum wr. wb.
    Sanak, kini sudah April 2008, terus semangat membangun kincai dengan tetap terus “membangun” blog/site ini
    wassalam…

  3. Sihat bae da Yance. Bang Toni minin Dijambi. Ptang jadi wartawan Sarolangun Ekspres. Minin sedang nalak peluang usaha pulo. Yang jleh tetap bermain diluar sistem. Sukses selalu da Yance….

  4. Wah… ado jugo… uhang kito khincai… yang bikin blog..khincai… yang up2date.. teruslah online… yo bang… bia kami yang merantau jauh ini… bisa tau perkembangan kerinci…

  5. Kito ragu dengan calon Bupati, ado yang terlalu untuk mimpin daerah, ado yang maju karno menang tender di partai, jadi sapo yang akan dipilih??

    Kincai kalo ndok maju memang harus banyak membawa uhang kito yang telah berhasil diluar daerah. sapo bae Bupati yang menang di Pilkada nanti harus banyak membawa pejabat yg akan membangun kincai dari luar, karno mental pejabat yang ado di kincai binin, lah banyak yang bobrok susah dibentuk, piki,cuma uang bae. Tigo bae kuncinyo Pendidikan, ekonomi dan parawisata, focus 3 lah dulu. Uhang kito banyak yang berhasil dipadang, jambi, jakarta, himbau untuk pulang membangun kampung lagi. Agar didengar himbauan uhang rantau ini

  6. Yo nian tu wo..!,daerah lain bae agi nyo make uhang kito,piyo kincy alergi dg putra daerahnyo na sukses dirantau.hoi… Kayo na ka nyadi bupati idak usah kayo bido na di kampung na dirantau.kito, uhang kincy galo.

  7. Malang nian nasib kito uhang kincai,macam ketimun bungkuk dak masuk timbangan kato uhang jambea,lah duwua periode pembangunan di kincai mano adua yang ngan ilok apo lagui puminpin nyo….pilkada sudah d ambang pinta,pileh lah pumimpin ngan iyua nyan membangun kincai jangea salah pileh geh…kasihan anak dan cucu kito yang menanggung akibat salah pileh kito…maju terus wo..jangan mundur..

  8. Mauk ngato ngan idiak ilok trah…mai kito mna kincai lebih ilok dari minan ne sampe ke generasi kito ulo…nasi sudah menjadi bubu manan ji ndeuk mana kalo kito mule dari tikeu tah…MARI MEMBANGUN KINCAI KALO TIDAK MULAI SEKARANG KAPAN LAGI.

  9. Krc jauh ttinggal dr kab.lain,mengapa?nek tlalu obsesi.buktinya pd pilkada yg akan dtg ini bliau mrcnakan hya 1 putaran ‘dg berbagai cara’(mnurut informan yg sgt dpt dpcaya).nek msh akan mdudukkan kader murni pd tampuk kkuasan krc.ingatkan klga kita,STOP NEK N KRONI!

  10. Mari masy krc utk memilih pemimpin lebih selektif lagi, pilihlah bupati yg mempunyai kompetensi dan bermoral tinggi, tdk ada lagi uhang qt atau orang lain, yg ado bupati krc yg membawa kemajuan bersama.

  11. satu iko tu dah,iko ngima mini putaran keduo, siapocalon kandidat yangberpotensi untuk mimpin kerinci, dak ado…, dalam lima tahun yang akan datang masyarakat kerinci belum akan merasakan perobahan.

  12. ass.wr.wb. utk kayo yg ingin kinci lbh maju,partamo mari samo2 membangun ahklak yg lbh baik,hindari sifat korupsi,manipulasi kwitansi,kolusi dan pungli,bekerjalah dg tanggung jawab,buatlah planing yg matang utk membangun kinci. utamakan silaturahmi antar sesdmama tanpa membedakan ras,rangkul seluruh komponen masyarakat yg ada dan ciptakan kerjama yg baik utk membangun kincai ya aman nyaman yg dpt dirasakan seluruh masyarakat yg ada di ranoh kincai..maih samo samo bejuang utk ranah KINCAI yg tercinta. sukses.

  13. Mai…kito samo samo menyadari saat minin apo ngan dapat kito rakyat rasokan listrik tidak becus pam mati terus namun sewa dibayar terus lama lama rakyat makin kurus dan pemimpin menghitung kurs. Tunggu saat nya pemimpin terjerumus.

  14. Benar-benar gagal total Fauzi membangun kerinci. Jalan rusak, wajah kota hancur, ekonomi rakyat morat-marit, korupsi merajalela. pengangkatan pegawai memihak kepada saudara-saudaranya. hancur sudah kerinci ……. kalau bupati baru dan walikota baru tidak dapat membawa perubahan sebaiknya segera berhenti saja.

  15. urang kincay sdh benci dan muak lihat foto wajah Nek. Lebih senang mandang foto Si om Tukul yg dapat gaji halal
    Empaaaaaaaaaaaat mataaaaaaaa……

    Kalo qincay, tanah sur………..gaaaaaaaaaaaaaku
    Adiiiiiiii……..puraaaaaaaaaaaaaaaa
    Laaaaaaaaaaaaaaaaaaap terrrrrrrrrrRRRRRrrrRRR
    haahahahahaha

  16. saya sebagai urang kincai di rantau menyarankan agar bupati dan wali kota baru segera memperbaiki jalan jalan yang sudah rusak di kerinci

  17. mengapa kpk takut masuk kekerinci usut tuntas koropsi di pemda kerinci apalagi kami uhang kincay lah muak melihat perangai pejabat kincay 10 than mana ada pembanguan yang napak bakan semua sumber alam kincay sudah di kontrakkan dengan uhang luar…… Maju TERUS KPK KAMI SELALU MENDO”A KAN AGAR ENKAU SEBAGAI DEWA PENYELAMAT RAYAT KERINCI YANG SEMAKIN HARI SEMAKIN MENDERITA OLEH PEJABAT KINCAY……. JANGAN TAKUT DAN JANGAN GENTAR KAMI BERSAMA MU K P K………….!!!

  18. mahasiswa,,,
    mamandang kerinci tidak konseken dengan pembangunan jalan…
    sebab jalan hal adalah penting yang di butuhkan masyarakat….
    Apalagi jalan yang ada di kecamatan danau kerinci
    memua lapisan masarakat mengeluh apa lagi pada saat sekarang ini musim panas…. masarakat banyak yang mendapat penyakit …
    jalan yang berlubang tanpa aspal dan penuh debu yang tak layak nya di lewati masaakat…… tolong di perhatiakn

  19. aku lahir di kerinci dan dusun kecil ds.talang sembilan tinggi. disitulah tanah kelahiran aku… dan sekali setahun saya pulang keke kerinci… dan aku di padang sumatera barat… setelah saya baca kerinci membangun… saya sedih sekali.. dari saya sekolah dikerinci kota kerinci ngak ada perubahan…. cuma perubahan di pembangunan aja. tapi kalu ekonopmi saya merasakan kurang…. marilah kita bersama sama yang di kerinci dan juga yang diperantauan marilah kita menjaga dan memperhatikan kota kita…. salam untuk semua orang kerinci…

  20. “SDM kito sudah Ok…” untuk membangun Kincai…….smua lapisan dari masyrakat bawah sampai Pemda harus bersama2 membangun Tanah kincai…”Politik boleh beda”pendapat boleh beda ” satukan Tekad Bangun Tanah kito Kincai”….Sluruh Indonesia Sudah kenal Kerinci bahkan Dunia……..

    “BASAMO-SAMO KITA BISA BANGKIT MEMBANGUN TANAH KINCAI” Tidak Ada Kata Terlambat

    Kami dirantau Bangga Tanah Kincai dan lebih Berbangga lagi “Salah Satu Putra Kincai Untuk Maju CAGUB”

    “Berantas Korupsi”…..
    Perbaiki Prasarana Transportasi untuk Pergerakan Roda Ekonomi Yang Maju.”

    • Kamu yakin dengan kata kata SDM itu. saya berpikir tidak. Saya tidak yakin, orang orang yang duduk di pemerintahan adalah orang orang yang benar benar berpendidikan, Bedakan gelar pendidikan dengan yang benar berpendidikan. Karena kita sekolah tinggi tinggi bukan untuk mencari gelar,.. :)

  21. pnaee…………palaok ngilih pemimpin kitao neh,barebeuk nalek mukao kek rakyat,mulot macamh mulot ptaouh tibeo kerjeo banyeak dengan dek bteo.
    cobeo klin jalenh kitao banyeak dingan lkaok pado dingan ilaok.listrik macamh bintea nge bakedeik.manao dingenh iyao…!!
    ituh yang pentae kito bangun ituh market opportunity jantong dari ekonomi kitao..!

  22. Kami sangat heran, kenapa sulit sekali membangun Kincai yang boleh dikato salah satu kabupaten tertua di Jambi. Lihat kabupaten terbaru seperti Kab. Merangin, Kab. Sarolangun, dllnya. sudah meninggalkan Kerinci dalam berbagai segi? apo yang salah, apo salah bunda mengandung? Kincai sangat indah, subur, menarik, memiliki sumber daya alam, sumber daya air. Bisa sebagai jalur alternatif lintas sumatera via Solok, Kerinci, Bangko. Menurut amatan kami Blue Print pembangunan Kerinci yang hingga sekarang tidak jelas dan tidak terukur. Masalah klasik selalu terulang sepanjang tahun antara lain kelangkaan BBM, listrik, kesempatan kerja, perambahan hutan,banjir, dsbnya. Kerinci dalam kawasan TNKS, sehingga dituntut untuk menjaga kelestarian lingkungan, kalau tidak akan memangsa kito jugo. Ke depan yang cocok dikembangkan adalah agrowisata, agroindustri, wisata budaya, eksport tenaga kerja yang berkualitas tinggi. Jadi di Kerinci perlu ada badan atau perguruan tinggi yang mencetak SDM yang kompeten dalam bidang-bidang tertentu seperti montir, tukang, petani tangguh, peternak tangguh, pedagang tangguh, tenaga medis, tenaga pendidik, dsbnya. di Kerinci perlu ada industri jasa peningkatan kualitas SDM. Sehingga kelak mereka bisa berkiprah di daerah maupunluar daerah yang pada akhirnya akan mengalirkan dana segar bagi PAD Kerinci. Jadi harus ada paradigma baru dari berladang berpindah-pindah beralih menjadi tenaga kerja profesional. Apa saja boleh? misal sebagai tenaga tempel ban yang profesional, TKI yang profesional, tenaga guru yang profesional, pemerintah dan anggota dewan yang juga profesional. Mailah kito berubah ke arah pencitraan yang positif. Jika masyarakat kito Kincai bersyukur Allah akan tambahkan nikmat, tapi jika sebaliknya tunggulah Kehancuran sebagaimana ditampakkan Allah hingga kini. Hidup sangat sulit di Kincai? apo yang salah? mailah kito samo-samo mengoreksi diri dan berupaya mencari solusinya. Tidak perlu mencari kambing hitamnya, kitolah yang salah galo rakyat, pemimpin, anggota dewan. Mudah-mudahan samo kito sadari. Amin…!

  23. slam knal aq rian Desa Pelompek Kec.Gn.7.Kerinci
    ayah berasal dari Cupak kec.Danau Kerinci, ibu Dari Siulak,
    minin kuliah di ALAZHAR UNIVERSITY MESIR
    akau merespon fositif dengan pemerintahan yang baru tapi perlu kito ingat majunyo suatu daerah itu bukan mutlak karno pemimpin akan tetapi karno masyarakat suatu daerah, Allah tisak akan merubah nasib suatu kaum sehingga mereka sendiri yang merubah nasibnya (al-qur’an)
    maih kito basamo terutama pemuda, alim ulama tokoh adat.beserta pemerintah daerah menjunjung tinggi nilai2 sosial masyarakat Dibawah payung adat yang bersandikan syara’ syarak bersandi kitabullah.

    • Wah, hebat ternyata banyak juga anak kerinci yang kuliah di luar. Salam kenal, saya sekarang sedang kuliah strata satu di sebuah institusi negeri di surabya. Fokus saya di sistem control teknik elektro. InsyaALLah, saya juga mau melanjutkan study saya lebih lanjut di luar negeri. Mohon doanya. Saya sangat senang masih ada cendikiawan uhang kerinci yag masih berkeinginan untuk membangun daerahnya kelak. Saya mempunyai impian, inysaALLah, suatu saat akan berdiri sebuah instusi besar di bidang pertanian seperti IPB di bogor yang fokus riset disana. Sehingga, dengan adanya Instusi tersebut bisa menjadi sebuah kontribusi bagi warga kerinci yang rata rata bekerja sebagai petani. Sehingga, produk yang dihasilkan bisa bersaing di pasar nasional bahkan mancanegara. Semoga ini juga yang dipikirkan oleh pemerintah sekarang. Kerinci cocoknya dibidang pertanian. Jangan salah, pertanian mejadi pemasukan yang sangat besar jika dikelola dengan baik dari faktor pariwisata yang banyak efek negatife-nya karena kerinci adalah kota yag beriman dikotori oleh wisatawan asing yang tidak memiliki budaya seperti kita. Takutnya, kerinci suatu saat seperti bali… walaupun menguntungkan untuk daerah tetapi maksiat dimana mana… itu tidak perlu kita contoh… OK..
      salam kenal semuanya…

      ikhwan

  24. Bai nia nak ngimak Kinci tu maju sndu daerah lain. apu agi kurang kito? SDA banyak, SDM berkualitas.. mungkin karno pumimpin nge lun becus…

  25. Sebenarnya akar persoalan kerinci yang sebenarnya adalah perekonomian yang semakin tidak pasti, yang diakibatkan oleh turunnnya harga komoditi rempah seperti kulit manis dan kopi. Sebelummnya masyarakat kerinci bisa memenuhi kebutuhan pangan, sandang bahkan untuk naik haji atau sekolah anak ke PT itu tidak menjadi persoalan. tapi sekarang tidak ada satupun pakar atau penguasa yang bisa menjelaskan perubahan keaadaan tersebut. Yang pasti saya bersinyalir keadaan ini di kondisikan. Apakah kita ingat di tempat kita ada TNKS yang didukung internasional, sementara perkebuna kaseavera ataupun kopi dapat mengeklorasi lahan TNKS tentu akan bertentangan dengan kepentingan Internasional. Tapi paling tidak dari TnKS tentu ada konpesasi buat masyarakat Kerinci, dan itu dimana????

    • Menurut pendapat saya. Tidak adanya hubungan antara TNKS dengan kemiskinan yang ada di kerinci. Mari kita berpikir tidak hanya uang saja yang kita pikirkan… dunia sekarng sedang heboh tentang go-green. selamatkan hutan. Solusinya, Komoditi produk kerinci yang law quality sehingga sulit bersaing di pasaran. Jadi, banyak yang enggan membeli produk dari kerinci. Mari kita berpikir global. masih banyak produk lain yang masih bisa kita andalkan, seperti produk pertanian musiman. coba bayangkan semua mall di sumatra dan jawa hasil pertanianya dari kerinci. coba bayangkan, komiditi produk pertanian kita disukai mancanegara. Aapakha ini akan menuntugkan rakyat kita. Tingkatkan kualitas produk andalan keirinci jadikan itu sebagai suatu permata yang bisa dibanggakan. Pembentukan TNK luas lahanya sudah pasti dipikirkan jauh jauh. lihat hutan yang gundul dikumun, dan sekitarnya, lahan kosong yang di tinggalkan, and so on. itu lahan kalau dikembangkan lebih lanjut untuk pertanian saya yakin akan membawa berkah. Coba diteliti lebih lanjut, jepang aja tanahnya gersang bisa hidup berbagai macam tanaman yang sebenranya gak bisa tumbuh disana.. mengapa kita tidak berpikiran demikian, menggunakan lahan yang ada tapi dikembangkan tanpa merusak lahan yang dilindungin. think green think global do local. satu pertanyaan saya? sanggupkah kerinci ???????

      Salam
      ikhwan

  26. yan sehat stu yan..??
    moga moga dalam keadaan sehat amin dan selalu dalam lindungan allah swt. yan kanti lah bekeluarga sejak tanggal 22 februari 2010 minin lah hampir satahun dan sebenta agi insa allh ado keturunan ado dak saran namo dari iko di mesir stu kalu ado tulung kirim kak email kanti adit.jelly@yahoo.com yoh…

  27. apapun yg terjadi dibumi alam kerinci .ini merupakan tanggung jawab kita semua.jgn cuma bicara diblkng layar bukti .uhang kincai punya power.ansar anok awo

  28. Nee jg tu,knpa keluarga kerinci bsa maju hidup di rantau orang, sedang kan di kerinci amat besar dan amat terkenal dg kekayan alam, tp kenapa masyarakat kerinci banyak yang mengadu nasib di negri jiran,,,,,
    Bahkan 80% masyarakat kerinci mengadu nasib di rantau orang ,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s