Meirizal Meirad: sanggahan atas berita di blog kerinci membangun

Hari ini saya mendapat email dari pak Syamsul Bahri yang memuat klarifikasi pak Mairizal Meirad atas pemberitaan beliau  di blog komunitas kerinci sbb:

Assww , astaqfirullahhal adzim,

Seusai sholat subuh pagi ini saya dikagetkan dengan email dari Add Syamsul Bahri yang meneruskan berita di Blog Komunitas Kerinci Membangun antara laian melibatkan nama saya Mairizal Meirad sebagai pahlawan kesiangan yang dikatakan sudah memproklamirkan diri/membuat pernyataan untuk mencalonkan diri sebagai Walikota Sungai Penuh.

Saya amat heran, tersenyum bercampur sedih lho kok ada berita demikian ? darimana sumbernya dan kapan itu disampaikan ? kok sampai hati membuat berita yang tanpa dasar itu !!!

Saat ini kita dalam suasana bulan suci Ramadhan, saat kita beribadah seyogianya kita tidak banyak membuat hal-hal yang dapat merusak nilai-nilai ibadah kita, amat disayangkan bulan ini tercoreng atau cacat karena hal-hal sepele karena politik yang kotor karena ketakutan dan sebagainya.

Maaf,saya harus mengatakan “Demi Alloh saya bersumpah”, saya tidak pernah berminat apalagi memproklamirkan diri untuk maju dalam pencalonan Walikota Sungai Penuh.

Saya akui memang sebagaimana halnya waktu majunya saya dalam Pilkada Kab. Kerinci dusun saya Pondok Tinggi dan beberapa tokoh masyarakat di Legislatif, Eksekutif, Tokoh Agama , Pemuda menemui dan meminta saya siap untuk dicalonkan sebagai Walikota Sungai Penuh mendatang.

Terhadap aspirasi itu saya jawab dengan tegas !!!:

bahwa pengalaman saya waktu terpaksa dan harus maju guna memenuhi keinginan yang sama dalam Pilkada Kab.Kerinci merupakan pengalaman yang tidak mungkin terulang lagi. Untuk Kab. Kerinci Politik itu kotor dan jahat itulah kesan saya.

Maaf, saya terpaksa harus mengulangi lagi peryataan2 saya sebelum Pilkada Kab. Kerinci bahwa ditanya hati kecil saya dengan berbagai pertimbangan (silakan buka koran2 yang lama) saya tidak berminat untuk menjadi Bupati Kerinci, tapi majunya saya hanya ingin mengakomodasi aspirasi masyarakat dan ingin menunjukkan kepedulian saya kepada Kerinci tercinta. Nah…walaupun saya sudah siap dengan program, siap dengan dana, dalam kenyataanya saya tidak mendapat perahu untuk maju, kegagalan saya untuk mendapat perahu karena ulah oknum politik juga.

Saya ucapkan “Alhamdulillah, Alloh masih menyanyangi saya, Alloh masih memberi saya yang terbaik “.

Nah apalagi untuk Walikota Sungai Penuh, atau ada juga yang menawarakan untuk BH 2 di Jambi, lebih awal saya katakan : ” saya tidak akan tergiur dan tidak akan mau ikut dengan kegiatan-kegiatan yang demikian, lebih baik saya fokus kepada kegiatan-kegiatan yang masih ada di Jakarta , tidak memerlukan banyak energy dan pikiran yang berat sambil ibadah. Saya amat menikmati hidup saya yang sekarang tanpa beban, tidak ada lagi yang harus saya cari dan kehidupan saya masih dalam batas wajar”

Jadi kepada Bapak/Saudaraku sekampung halaman khususnya penulis berita dalam Blog Kerinci membangun tolong dicatat dan ingatkan bahwa :

Untuk kedepan Mairizal Meirad tidak berminat dan tidak pernah bermimpi untuk terjun dalam politik, andaikan saya mau banyak juga tawaran di Jakarta beberapa Parpol baru untuk duduk di DPP dan sebagai Caleg jawaban saya cuman satu ” Sekarang enak-enak, Kok mau repot2, saya maunya kegiatan yang bernilai ibadah untuk hari tua, hidup tidak selamanya, jika nafsu duniawi yang diikuti tidak akan habis-habisnya, makanya kita lihat jika seseorang sudah cenderung mengutamakan nafsu duniawinya bisa lupa daratan dan menghalalkan secara cara bahkan bisa lupa sanak saudara, handai toulan da teman atau sahabat .

Membangun Kerinci tidak harus jadi Pimpinan di Kerinci, sumbangsih ke Kerinci bisa dalam bentuk lain.

Saya sengaja kirim juga Sanggahan ini ke Kerinci-net Groups dimana saya sebagai salah seorang member untuk dapat diketahui karena saya sangat faham bahwa Rekan2, anak2 ponakan dan Saudara2 di Kerinci-net sebagian besar amat mengerti prinsip saya.

Akhirnyanya jika ada kata/kalimat saya yang salah mohon dimaafkan agar ibadah puasa kita tidak terganggu nilainya dengan email ini.

Wassalam

H. MAIRIZAL MEIRAD DEPATI

20 thoughts on “Meirizal Meirad: sanggahan atas berita di blog kerinci membangun

  1. Assalamualaikum, WW.

    Belakangan ini saya cukup aktif mengikuti perkembangan kmpung halaman, Kincay. Saya membaca polemik tentang Bapak Mairizal Meirad dan jujur saja saya merasa sedih dengan tulisan-tulisan yang tidak berdasarkan fakta dan data konkrit dari nara sumber terpercaya.

    Secara personal saya tidak mengenal Bapak Meirizal, tetapi saya respek dan salut kepada Bapak Mairizal yang dengan tegas dan sungguh-sungguh sudah menjawab semua tulisan miring tersebut dengan arif dan bijak.

    Saya sangat setuju, banyak cara mewujudkan bakti dan pengabdian untuk Kincay, tidak harus duduk di birokrasi. Bangga menjadi orang kerinci, dan terus menggemakan nama kerinci di rantau adalah juga pengabdian. Atau apapun bentuk pengabdian lainnya sesuai dengan profesi kita masing-masing.

    Saya bukan asli kerinci, Bapak saya dari Jawa, Ibu saya dari Padang. Tetapi saya selalu mengatakan SAYA ORANG KINCAY. Ada yang bilang, saya bukan orang kerinci tetapi orang Padang, karena matrilinial Ibu dari Padang. Saya tetap mengatakan SAYA ORANG KERINCI! Dan saya selalu memperkenalkan Kincay kepada semua peserta training yang saya fasilitasi dengan menampilkan slide Gunung Kerinci, Danau Kerinci, dan beberapa objek kebanggaan kerinci lainnya. Hanya itu yang bisa saya lakukan untuk kincay. Ternyata banyak yang tertarik, dan belum tahu sama sekali tentang Kerinci.

    Jadi, kesimpulannya: Menjadi orang Kerinci dan mengabdi untuk Kerinci TIDAK harus jadi Birokrat. Anda yang ingin berada di birokrasi, silakan jadi teladan dan pengayom bagi semua uhang kincay. Jangan korup, dan ingatlah pepatah mengatakan “absolute power tends to corrupt!”. Tetapi saya ingin ubah sedikit jadi ‘power tends to corrupt!” – tidak mesti absolute. Ini sudah banyak terbukti kan??

    Akhirul kalam, sekali lagi respek untuk Bapak Mairizal. Tapi Pak, pasti akan selalu bersedia membimbing anak kemenakan kincay kan??

    Wassalam,

    Irmadianto Tulus.
    Corporate Training Manager
    sebuah perusahaan retail di Jakarta.

  2. saya cukup memahami perasaan pak mairizal meirad terhadap berita diatas .setelah 2 minggu ini saya tak membuka internet karena kesibukan di singapura dan kuala lumpur .kalau saya amati selama ini memang pak mairizal bukanlah terlalu berambisi untuk menjadi bupati kerinci tapi adalah permintaan dari sebagian tokoh tokoh masyarakat seandainya beliau mau lebih jauh lagi dari bupati kerinci beliau pasti bisa seperti menjadi calon gubernur jambi. toh dijakartapun beliau sudah cukup senang dengan memimpin bumn dan didampingi seorang istri kolonel penerbang. inilah sebagian fenomena politik yang ada di bumi sakti alam kerinci. tak tahu membedakan mana yang intan mana yang kaca . betul apa yang dikatakan pak mairizal kalau ingin mengabdi tidak harus menjadi bupati dikerinci. bagi saya hujan emas dirantau orang hujan batu diranoh kincai sudah tidak boleh dipakai dizaman .

  3. Inilah politik apapun bisa terjadi kawan jadi lawan, teman jadi musuh, saudara bisa tercerai berai….ini sudah hukum alam.
    Saya sangat menghargai pendapat dari MM, mudah-mudahan apa yang diucapkan itu apalagi dibulan Ramadhan ini benar-benar konsisten, karena politik banyak sekali rayuan-rayuan yang bisa membuat kita berubah pikiran. Untuk mengabdi kepada Kerinci tidak perlu menjadi pejabat publik karena sekecil apapun bantuan kita terhadap Kerinci asal niat kita demi kemajuan Kerinci Insya Allah akan ada balasannya. Teruslah berjuang MM masyarakat akan menilai apakah orang itu telah benar-benar berjuang demi kemajuan Kerinci. Wassalam

  4. saya sangat terharu degan mendengar jawaban bpk ;terhadap apa yang dilontarkan kepada bpk mairizal blok kerinci net;saya sangat setuju dengan jawaban bpk .jadi untuk membangun kincai tidak perlu harus menjdi anggota birokrasi atau pejabat publik ‘saya sangat bangga di lahirkan dikerinci walaupun ibu dan bapak saya dari padang .mari kita majukan kincai .wassalam rizal tahitiannoni .

  5. Saya salut dengan dan sangat menghargai pendapat pak MM, saya tau betul pribadi Pak MM dan siapa keluarganya. Orangnya dermawan, dan sosial tinggi, dan ramah dan disenangi masyarakat. Apa yang disampaikan oleh Bpk Meirizal bukan basa basi, tetapi adalah kenyataan Karena dengan kehidupan pak MM sekarang beliau sebenarnya sudah berhasil dan berbahagia , tenang, hanya untuk mengabdi saja dulunya beliau mau ikut bertarung dan dicalonkan , tetapi namanya politik di Kerinci sangatlah kotor, kalau begitu cara pemikiran rakyat dan elit politik diKerinci, saya yakin Kerinci tidak akan maju maju. Oleh sebab itu saya sangat setuju dengan pendapat Pak MM , bahwa membangun Kerinci tidak harus jadi Pejabat Kerinci seperti yang telah Bapak MM lakukan selama ini. semoga Bapak M tetap sabar smg Tuhan sll melindungi kita. Amin.
    Wasss Arcdhele 4891

  6. Jangan berhenti untuk mengabdi pak. Saya yakin masyarakat kerinci masih membutuhkan orang-orang seperti Bapak. Serahkan kepada masyarakat untuk menilainya.

    Majeu Kincai
    Salam Aksara

  7. Saya tau angin dr mana yg menyebarkan isu tsb soalnya ketika km sdg diskusi dkantor ttg nama2 yg mcalonkan diri sbg cabup krc kira2 bln juni-juli.datanglah Drs. E.. R.. Yg lgsg myebutkan bhw: MM ITU MASIH MUDA,COCOKNYA JADI WALIKOTA..

  8. Saya salut sekali dengan apa yang Bapak MM sampai tentang sangahan tersebut, tetapi menurut saya Bapak memang cocok untuk memimpin Kerinci, Saya tau banyak tentang profil Bapak,dan dulunya sangat gembira sewaktu mendengar Bapak MM ikut mencalonkan menjadi Bupati, dan sekarang saya pun dengan teman teman teman juga sangat kecewa mendengar Bapak tidak jadi mencalonkan gara gara tidak ada partai yang mengusungkan, pada hal pak Mairizal memang yang paling pas dan pantas bisa memimpin Kerinci kedepan Tapi karna politik kotor dan money politik. Begini jdnya. Calon Bupati sekarang , bingung mau pilih yang mana, karena tidak ada yang pas, kalau menurut kaca mata dan hati nurani kami, ya kami pilih absten saja atau tidak memilih

  9. Saya belum begitu mengenal Bapak MM. Tapi selintas saya menilai kalau Bapak MM adalah seorang yang berjiwa besar.
    Saya sangat setuju dengan sikap Bapak MM untuk tidak akan tergiur untuk menjadi walikota. Memang mengabdi untuk kerinci tidak harus jadi bupati atau walikota kan ? banyak cara lain yang bisa kita lakukan, dan tidak harus berada di kerinci.
    Ibarat kata orang ” Kalau Jauh terasa seharum bunga, kalau dekat terasa bau ( maaf….) taik.”
    Salut !!!!! Acung Jempol buat Bapak MM.

  10. Seperti saya sampaikan terdahulu, saya salut dengan sikap pak MM, bicaranya tegas dan lugas. Terlihat beliau punya prinsip, beliau seorang pemimpin yang tidak mau melukai hati orang walaupun beliau dilukai dikatakan pahlawan kesiangan.
    Figur yang seperti yang diharapkan untuk mimpin Kerinci tapi yang terjadi lain, maju dan gagalnya pembangunan Kerinci kedepan ada konstribusi orde pemerintahan yang lama pak Fauzi dan Hasani.
    Saya orang luar tidak ada kepentingan siapa saja jadi Bupati bagi saya tidak ada untung rugi, tapi kekotoran politik di Kerinci membuat saya gemas, gemas kok masyyarakat Kerinci diam….
    Untuk pak MM selamat bapak sudah diselamat Tuhan dari bencana dan smoga bapak bisa berkiprah dilain bidang untjuk membangun kampung bapak .

  11. Saya salut sekali dengan pernyataan Pak MM, apa yang dikatakan Pak MM adalah benar adanya. Bahwasannya politik Kerinci kotor saya sangat setuju sekali. perlu saya perjelas lagi bahwa yang kotor adalah tokoh-tokoh politiknya. mereka mencari mangsa-mangsa orang Kerinci dari luar. justru pendewasaan politik ada pada rakyat bukan pada tokoh-tokoh politiknya. Apa yang Pak MM rasakan sama seperti yang saya rasakan. kalau Kerinci mau maju, sapu dulu tokoh-tokoh politik. seperti apa yang pernah saya katakan pada pers di JI bahwa tokoh-tokoh politik Kerinci hanya mencari kepentingan pribadi saja. mereka menjadi tokoh untuk bisa dihormati dan disegani oleh masyarakatnya sendiri, tanpa ada kontribusi pada masyarakat. itulah kenyataan yang berkembang saat ini.

  12. Saya setuju dengan kata berikut “Membangun Kerinci tidak harus jadi Pimpinan di Kerinci, sumbangsih ke Kerinci bisa dalam bentuk lain”.

  13. Saya setuju dengan pendapat Amilius Lukman, agar Kerinci Maju, Bupati yang terpilih harus betul memilih dan menempatkan orang orang yang benar benar bisa membangun Kerinci, bila perlu tokoh tokoh masyarakt Kerinci yang telah sucses di luar daerah atau dirantau untuk membangun Kerinci, karena mereka pasti bekerja dengan niat yang baik, tapi kalau dikerinci, sekarang sudah banyak tokoh politiknya yang pikirannya adalah proyek, memperkaya diri sendiri dulu,politik kotornya kotor. Korupsi, Kolusi meraja lela.
    Ayo …Bupati terpilh nanti , Harus lakukan perobahan disegala bidang dengan segera……sekali lagi harus Lakukan perobahan

  14. mari kita sama2 menjadi kota sungai penuh yang berwibawa cari lah pemimpin yang ahli di bidang pemerintahan dan bukan orang yang sok tau otau bisa cari muka ke bejabat, kami butuh pemimpin yg bisa memberi contoh yg baik bag rayatnya.untuk menjadi wali kota sungai penuh mari kita cari orang 2 muda jangan cari yang tua yang selalu ngatuk………. dan tidak bisa mikir lagi… jauh kan sikap kedaerahan maju terus orang muda kami mendukung kalian demi kota sungai penuh yang damai.dari anok awo

  15. slm buat ananda ranti di pekan baru dari pak wo di jambi bagaimana adinda amalius kita tetap mendukung adinda.kedepan selamat berjuang demi kota sungai penuh

  16. Saya baru buka Blog Uhang Kito dan baru baca tanggapan dari pak MM, beberapa hari lalu di milis Kerinci net beliau juga ramai dibicarakan masalah MM mau jadi Gub /Wagub Jambi dan Rekaman pembicaraan beliau dengan Saipul pasca demo lalu. Nyatanya dari klarifikasi beliau tetap konsisten tidak mau untuk maju di politik termasuk jadi Gub atau Wagub Jambi. Sayang klarifikasi beliau itu tidak masuk ke Blog ini. Tentang rekaman banyak teman2 di Kerinci net milis menyanyangkan kenapa hanya pembicaraan dengan MM saja yang dikirim , kita dapat info banyak lagi pembicaraan Saipul dg yang lain2 yang lebih dahsyat dan seru. Apo itu idak masuk pembunuhan karkater beliau ?
    Terus terang saya simpati dan sedih melihat kondisi Uhang Kito selalu idak kompak , manin Qncay bisa majue…. Semoga pak MM tetap sabar dan sehat .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s