29 Desa Miskin di Kerinci Terima Dana PUAP, Per Desa Rp 100 Juta

Thursday, 25 September 2008

SUNGAIPENUH – Sebanyak 29 desa miskin yang ada di Kabupaten Kerinci, kembali mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian RI, dalam bentuk dana Pengembangan Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP). Meski yang menerima dana tersebut adalah desa, akan tetapi menariknya dana tersebut yang jumlahnya per desa Rp 100 juta, bukannya diserahkan langsung ke Kepala Desa melainkan melalui salah satu rekening Kelompok Tani yang ada di desa penerima dana PUAP itu. ‘’Tahun ini kami dapatkan bantuan dari Menteri Pertanian berupa dana PUAP yang diberikan kepada 29 desa miskin yang ada di Kerinci,’’ terang Kadis Pertanian & Perkebunan Kerinci, Ir Eri Firmansyah, kemarin.

Menurutnya, desa yang mendapatkan dana PUAP itu merupakan hasil kerja keras atau perjuangan pihaknya tahun 2007 lalu dan baru kali ini teralisasikan. Malah, katanya, jika program ini di Kerinci berhasil dan di suatu desa tertentu usahanya mengalami perkembangan, maka untuk tahun berikutnya bisa diusulkan tambahannya untuk desa yang lain. Pemerintah pusat, sebut Eri, memberikan bantuan dana PUAP ini juga didasarkan pada data yang ada dari BPS dan selanjutnya ditetapkanlah 29 desa di Kerinci ini yang mendapatkan dana tersebut. ‘’Inilah menariknya dana langsung ditransfer ke rekening kelompok tani bukan ke rekening desa,’’ urainya.

Masih dari keterangan Kadis Pertanian dan Perkebunan Kerinci itu, kemarin  bertempat di Dinas Pertabun juga dilakukan sosialisasi dari Tim PUAP Provinsi didampingi tim teknis dari instansi terkait di Kerinci. ‘’Tim dari provimsi yang turun langsung memberikan penjelasan atau sosialisasi ke 29 desa yakni Ketua dan pengurus kelompok tani penerima dana PUAP tersebut,’’ urainya. Kadis Pertabun juga menambahkan, intinya penggunaan dana PUAP Rp 100 juta itu adalah untuk pengembangan sektror agribisnis, sesuai dengan namanya yakni Pengembangan Usaha Agribisinis Pedesaan. Ia mencontohkan, seperti halnya di desa atau kelompok tani tersebut, anggotanya memiliki usaha berkebun ataupun beternak itik, ayam dan lainnya, maka bisa dimanfaatkan dana tersebut untuk pengembangan usahanya itu.

Adapun yang menjadi sasaran dengan diberikannya dana tersebut, terang Eri Firmansyah, yakni desa-desa miskin sehingga jumlah desa miskin di Indonesia menjadi berkurang. ‘’Tujuannya agar desa miskin berkurang di Indonesia ini,’’ jelasnya. Masih menurut Kadis Pertabun Kerinci itu, dana PUAP yang diberikan Rp 100 desa, merupakan murni dana bantuan dan bukan bergilir seperti dana lainnya. Namun demikian dalam pengelolaannya tetap akan dievaluasi atau diawasi tim untuk menjadi pedoman bagi pemerintah memberikan bantuan tahun berikutnya.

Ia mengatakan, setiap desa penerima dana PUAP juga akan dibimbing PPL pendamping dan baru di tingkat kabupaten terdapat tim teknis Kabupaten yang melibatkan instansi terkait. ‘’Kami berharap jangan sampai petani atau kelompok tani salah mempergunakan uang tersebut lantaran tidak digulirkan, malah sasarannya untuk mengurangi desa miskin tidak terwujud. Intinya bagaimana usaha yang ada di desa bisa dikembangkan lebih baik lagi sehingga kesejahteraan penduduk juga meningkat,’’ tandasnya. (wdo

sumber jambi ekspres

pengirim dendi setiawan

6 thoughts on “29 Desa Miskin di Kerinci Terima Dana PUAP, Per Desa Rp 100 Juta

  1. jangan terlalu dibesar-besarkan mengenai digulirkan tidaknya, karena akan memicu konflik dalam masyarakat jika masyarakat tau tentang hal ini, kenapa karena berdasarkan survey yang kami lakukan jumlah petani yang ada dalam satu desa/gapoktan rata-rata 200-300 orang/kk, jadi kalau jumlah yang 100juta mau dibagi ke 200-300 orang maka halsilnya hanya setiap petani hanya akan mendapat sekitar 300-500rib, nah kira-kira dengan modal usaha yang cuman 300-500rbuan ini usaha apa yang bisa dikembangkan dan kira-kira sejauh mana bisa meningkatkan pendapatan ataupun mengurangi tingkat kemiskinan, malah cuma akan disamakan seperti BLT aja, udah diterima dibelanjakan ya hari itu juga abiiiiiiiiiiiiiiis

  2. Kan uangnya gak mesti dibagikan kepada petani pak, sebagai contoh : dana tsb dikelola oleh desa/kelompok tani dengan pembelian alat pertanian seperti kontraktor, pengirik padi atau dijadikan modal usaha KUD untuk pengadaan pupuk yang nantinya di kreditkan kepada petani dengan harga pasaran dll.
    Kalo dana bantuan ini tdk dihebohkan takut nanti dananya keluyuran dikantong pejabat pak.

  3. Selamat sore,

    Bersama ini kami beritahukan kepada seluruh alumni dan siswa sma negeri 1 sungai penuh yang berkunjung ke blog Dendi Setiawan bahwa terhitung mulai hari ini blog sma negeri 1 sungai penuh sudah dapat diakses.

    http://www.blog.sma1sungaipenuh.com

    Blog ini masih dalam tahap pengembangan, input data dan desain tampilan utama. Mohon masukan dari rekan-rekan semua demi kemajuan bersama. Semoga dengan hadirnya blog sma negeri 1 sungai penuh dapat menjadi motor untuk instansi maupun sekolah lainnya dalam upaya melestarikan budaya dan istiadat kerinci ke dunia luas.

    Salam sukses . . .

  4. sebenar tujuan dana dicairkanya dana PUAP ini sangat bagus untuk membantu masyarakat kecil dan petani di desa- desa. tapi pemrintah harus berhati-hati jugo kan dana ke desa ( dana apo baelah ) tau dak kepalo desa kini lah pintar-pintar , hampir samo dengan pejabat diatasnyo. jangan-jangan nanti dana itu dikorupsi kelompok tani dan masyarakat jugo yang jadi korban.
    pemerintah sebenarnya harus mencari dulu aturan pendukung agar perguliran dana tersebut bisa berjalan baik. seperti dengan lebih memperketat pengawasan dengan menempatkan pendamping untuk setiap dana tersebut , dan kalau perlu di ekspose keberhasilannya dan harus ada pelaporan dan pertanggung jawaban.

  5. PUAP memang dana yang dikucurkan oleh pemerintah yang tujuan utamanya dalah membantu masyarakat miskin khusunya.dengan dana itu diharapkan masyarakat akan semakin tertolong dari kemiskinan.akantetapi dana 100 juta itu seandainya di bagiken kepada semua kelompok tani yang anggaotanya berkisar 500 kk ya bisa buat apalah paling paling hanya bisa buat membeli bibit pertanian saja kalau kambing juga ndapat…………..

  6. masyarakat bertanya tanya emangnya berdasarkan katagori apa ya desa itu bisa dapat dana puap
    jangan jangan desa yang dapat ada main lobi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s