600 Personel Amankan Pilkada Kerinci

Friday, 26 September 2008

Sabtu, Simulasi Pilkada Digelar

 SUNGAIPENUH – Pihak Kepolisian Kerinci bakal mengerahkan tak kurang 600 personel untuk mengamankan Pilbup Kerinci yang akan digelar pada 16 Oktober mendatang.

Hal itu diungkapkan Kapolres Kerinci AKBP Drs Sunarwan Sumirat usai apel ketupat kemarin.

Menurut dia, 600 personel tersebut terdiri dari Personel Bantuan dari Polda, Polres Kerinci, dan termasuk Personel dari reserse yang ada di Polres Kerinci. “Yang jelas, persiapan untuk mengamakan pesta demokrasi di Kerinci terus kita matangkan. Semoga saja selama pelaksanaan Pilbup tidak terjadi apa-apa,”ujar Kapolres kepada koran ini kemarin.

Kapolres menjelaskan, direncanakan besok (Sabtu, 27/9) bertempat di eks eks Terminal Bus Kumun Kecamatan Kumun Debai bakal digelar apel sekaligus simulasi pengamanan pilkada. Dalam apel tersebut nantinya juga akan diundang seluruh unsur muspida dan jajaran Pemkab Kerinci lainnya untuk menyaksikan peragaan atau simulasi pengamana kampanye dan pilkada yang diperagakan oleh personel yang ada.

Senin Sampaikan Visi Misi

Dipastikan Senin ini (29/9) enam kandidat calon bupati dan wakil Bupati Kerinci yakni pasangan Ami-Dianda, Nuzran-Julizarman, Herman-Mulyadi, Hasani-Afrizal, Zubir-Dahnil Miftah dan Murasman- Rahman akan menyampaikan visi dan misinya dihadapan para anggota DPRD dan tokoh masyarakat Kerinci.

Sebagaimana diketahui bahwa, penyampaian visi dan misi kandidat cabup cawabup itu bersamaan dengan dimulainya masa kampanye sebagaiamana jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU Kerinci, dimana masa kampanye cabup-cawabup dimulai 29 September hingga 12 Oktober mendatang.

Menurut keterangan yang didapatkan koran ini menyebutkan bahwa, meskipun penyampaian visi dan misi di hadapan puluhan Dewan dan ratusan tokoh masyarakat Kerinci, akan tetapi tempat pelaksanaannya di gedung umah empat jenis Sungaipenuh bertepatan di depan Kodim 0417 Kerinci.

Hal itu dibenarkan oleh Drs Abdul Wahab, Sekretaris DPRD Kerinci dirinya juga membenarkan bahwa tempat penyampaian visi dan misi oleh enam kandidat cabup bertempat di gedung Umah Empat Jenis Sungaipenuh.

Ia mengatakan acara penyampaian visi dan misi itu bertempat di gedung umah empat jenis dikarenakan ruang persidangan yang biasa digunakan untuk rapat paripurna sedang dalam perbaikan dan masih dikerjakan sehingga belum bisa dipakai.

“Senin ini sesuai dengan jadwalnya dilaksanakan penyampaian visi dan misi oleh keenam kandidat cabup, tapi tempatnya dialihkan ke gedung umah empat jenis lantaran ruang sidang paripurna DPRD sedang diperbaiki,” jelas Sekwan Abdul Wahab.

Dalam penyampaian visi dan misi itu kata Sekwan, dipastikan tidak akan ada dialog ataupun diskusi melainkan hanya sebatas mendengarkan penyampaian visi dan misi, sebab untuk dialog nantinya akan ada jadwal tersendiri yakni pada acara debat kandidat yang kemungkinan akan dilangsungkan 9 Oktober mendatang.

“Jadi pada saat penyampaian visi dan misinya, anggota dewan dan masyarakat hanya mendengarkan cabup berpidato saja tanpa dialog atau diskusi,” katanya.

Kemudian untuk teknisnya sebut Abdul Wahab, dipastikan akan disesuaikan dengan nomor dan bagi kandidat yang nomor urut satu akan mendapatkan giliran pertama hingga seterusnya sampai nomor urut enam nantinya.

Masih dari penurutan Sekwan Abdul Wahab, dewan sudah memperkirakan selain anggota dewan yang akan hadir kemugkinan juga akan hadir sekitar 200 orang perwakilan dari tokoh masyarakat di gedung umah empat jenis untuk mendengarkan visi dan misi kandidat itu.

Sebaliknya Ketua Panwaslu Kerinci Fauzan Khairazi SH meminta kepada enam kandidat cabup dalam acara penyampaian visi dan misi untuk tidak membawa atau mengerahkan massa. “Harapan kami enam pasang kandidat tidak membawa masa dalam menyampaikan visi dan misi nantinya,” tegas Fauzan.

Hal tersebut kata Fauzan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada saat untuk menyukseskan acara penyampaian visi dan misi itu berlangsung.

Sedapat mungkin tambahnya, para kandidat cabup bisa memanfaatkan waktu yang diberikan oleh panitia untuk menyampaikan dan misi dihadapan DPRD dan Tokoh masyarakat dengan sebaik-baiknya. “Jangan sampai waktunya sudah habis materi atau visi dan misinya masih banyak,” terangnya. (wdo)

sumber jambi ekspres

pengirim dendi setiawan

3 thoughts on “600 Personel Amankan Pilkada Kerinci

  1. pengamanan pilkada kerinci,terutama memasuki H-1O,sering terjadi ajang money politik,yg tidak menbangun,masyakarakat langsung diberikan uang tunai,hal ini sangat tidak mendidik,pembangunan/pendidikan demokrasi,semoga pilkada kerinci,tidak bernasip sama dengan pilwako jambi,waspadalah

  2. Warga kerinci sangat berterima kasih atas pengamanan ini, walaupun sudah tugasnya dan kami akan berterima kasih lagi jika bisa netral. Kami juga menghimbau pihak independen serta depdagri utk terjun langsung mengawasi tahapan pilkada kerinci.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s