H-5 Surat Suara Disebar ke PPK Pilkada Kerinci

Tuesday, 07 October 2008

Debat Kandidat Dibatasi 20 Pendukung

SUNGAIPENUH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memantapkan persiapan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kerinci 16 Oktober mendatang. Direncanakan mulai 11 Oktober atau H-5 surat suara sudah mulai disebar ke Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) di Kabupaten Kerinci. Ya, kita merencanakan 11 Oktober surat suara mulai dikirimkan ke seluruh kecamatan atau PPK,”ujar Wazirman anggota KPU Kerinci, sembari menjelaskan H-3 yakni 13 Oktober diperkirakan seluruhnya surat suara sudah sampai ke TPS-TPS.
SORTIR SURAT SUARA: Anggota Pramuka Kerinci sedang melakukan sortir surat suara di kantor KPU Kerinci, belum lama ini.

Wazirman menjelaskan sistem pengiriman surat suara dengan mengacu pada pengalaman sebelumnya pada saat pengiriman kotak suara dengan menggunakan kendaraan atau truk.

Masing-masing truk yang bermuatan surat suara akan bergerak dari kantor KPU ke arah hilir, tengah dan satunya lagi ke arah mudik, dan selanjutnya truk yang bermuatan surat suara akan berhenti di tiap-tiap Kecamatan.

”Pengalaman kita biasanya sekali jalan ada truk yang kearah mudik, tengah dan arah hilir dan nantinya disetiap kecamatan akan diturunkan surat suara sesuai dengan kebutuhan yang telah disusun,”ungkapnya kemarin.

Senada juga diungkapkan Natres anggota KPU yang kebetulan juga membidangi masalah distribusi surat suara. Menurut dia, dalam jadwalnya pendistrubisian akan dilaksanakan selama dua hari yakni 11-12 Oktober mendatang.

Pihaknya malah juga sudah merencanakan, akan membagi ke tiga rute yakni hilir, tengah dan mudik dan itu akan sekaligus dilaksanakan. ”Untuk mempercepat kita bagikan ke dalam tiga rute, dalam dua hari diperkirakan sudah selesai,” ungkapnya.

Disinggung mengenai kerusakan surat suara? Natres mengaku KPU Kabupaten Kerinci sudah mewanti-wanti sejak dini. Buktinya, kerusakan surat suara tidak sama seperti kejadian di dua pilkada sebelumnya yakni Merangin dan Kota Jambi, melainkan kerusakan surat suara di Kerinci sangat minim sekali dan diperkirakan hanya 150-an lembar dari total yang dicetak sebanyak 246.957 lembar surat suara.

Kerusakan tak kurang 150-an lembar ini juga dibenarkan Jon Taufik SE, Sekretariat KPU Bagian Logistik. Menurut dia, sebagian surat suara sudah disortir dan hanya beberapa dus dari 75 dus yang dikirimkan dari PT Jakarta Komputer Siplayer. “Dalam satu dus yang berisikan 2.000 lembar surat suara, yang rusak hanya berkisar satu atau dau lembar,” terangnya.

Jon Taufik mengatakan, mulai Senin ini akan dilanjutkan sortir kembali yang dilakukan oleh anggota pramuka Kabupaten Kerinci. “Yang belum disortir hanya tinggal beberapa dus saja atau diperkirakan sekitar 95 ribu lagi dan dalam dua hari ini selesai disortir, dan siap untuk didistribusikan ke Kecamatan,” katanya.

Menurut pengakuan Bagian Logistik KPU Kerinci itu menyebutkan bahwa kertas suara yang rusak atau cacat itu rata-rata ada yang terbelah dibagian gambar cabup dengan kata lain ada yang sobek, kemudian ada yang sudah berlubang diatas bagian gambarnya sehingga tidak bisa digunakan lagi. Sebagai penggantinya, akan diambil dari surat suara cadangan yang jumlahnya 2,5 persen atau 7.925 surat suara.

Sekadar diketahui bahwa jumlah kertas suara yang dicetak dulunya disesuaikan dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap yang telah disahkan oleh KPU yakni 238.672 pemilih maka sebanyak itu lah surat suara yang telah dicetak, kemudian surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen atau 7.925 lembar sehingga total keseluruhannya surat suara yang di cetak sebanyak 246.957 lembar dengan jumlah TPS sebanyak 566 TPS.

20 Pendukung

Acara debat kandidat yang akan dilangsungkan oleh KPU Kerinci Kamis (9/10) mendatang bakal berlangsung seru. Meskipun KPU telah mengancang-ancang sejak awal agar tidak terjadi hujatan, bisa jadi hal tersebut tidak bisa terelakkan bakal menjadi ajang ejek-ejekan antara masing-masing kandidat.

Namun, untuk membuat acara tersebut berlangsung sukes, maka pihak KPU Kerinci telah membatasi masing-masing kandidat hanya diperbolehkan membawa pendukungnya masuk ke gedung nasional sebanyak 20 orang, disamping kondisi gedung juga tidak memungkinkan menampung massa dalam jumlah yang terlalu banyak.

Bukan hanya itu saja untuk menyukseskan acara debat kandidat tersebut KPU Kerinci juga telah mempersiapkan para panelis yang ahli dibidangnya masing-masing seperti Prof Rozali Abdullah mantan Ketua KPU Provinsi yang ahli dibidang Hukum, Tata Negara, Pemerintahan dan Otonomi Daerah, kemudian ada Prof Yunasril Ali yang membidangi Agama, Budaya, Sosial dan kemasyarakatan serta DR Aulia Tasman pakar bidang ekonomi.

Sedangkan untuk moderatornya, KPU juga telah mempersiapkan Ansorullah SH.MH Dekan Hukum Universitas Jambi. “Semuanya untuk acara debat kandidat sudah kita persiapkan dan termasuk para panelis dan moderator nantinya,” jelas Wazirman anggota KPU Kerinci.

Lebih lanjut Wazirman menjelaskan, terkait dengan pelaksanaan debat kandidat ini maka KPU juga akan mengkoordinasikan kepada masing-masing calon dan timnya, untuk tidak mengerahkan masa dalam jumlah banyak dan itu sudah dibatasi hanya 20 orang dari masing-masing calon. “Untuk acara debat kandidat diperbolehkan membawa 20 orang saja,” cetusnya.

Anggota KPU Kerinci itu kembali menegaskan bahwa, acara debat kandidat yang dilansungkan itu bukanlah acara saling menghujat ataupun forum untuk saling menghantam antar kandidat melainkan, kelanjutan dari penjelasan visi dan misi untuk membangun Kerinci lima tahun kedepan. “Kita sudah tegaskan tidak ada hujat-hujatan nantinya, dan ini akan kita kondisikan dengan cabup dan timnya,” kata Wazirman.

Sebagai fasilitator acara debat kandidat ini terangnya, KPU Kerinci tidak sendiri melainkan bekerjasama dengan empat elemen yang telah mengajukan proposal ke KPU Kerinci meliputi MUI, MPK, IMM serta Gempur. “Kita harapkan seluruh kandidat mematuhi aturan yang sudah kita tetapkan terutama masalah pengerahan massa dan hanya diperbolehkan 20 orang saja,” tandasnya. (wdo)

sumber jambi ekspres

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s