Ami-Dianda Unggul Sementara Di PILKADA Kerinci

Friday, 17 October 2008

Hasil Quick Count Panwaslu dan PKS

SUNGAIPENUH – Pasangan Ami Taher-Dianda Putra (AD) untuk sementara unggul dalam perolehan suara di Pilbup Kerinci kemarin. Berdasarkan perhitungan quick count dari Panwaslu Kabupaten Kerinci duet AD memperoleh 24,11 persen. Sedangkan data dari internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS),

pasangan yang maju lewat jalur perseorangan serta didukung PKS ini meraih 31,35 persen suara dari total 238.672 pemilih tetap.

Menurut perhitungan Panwaslu Kerinci pasangan Ami Taher-Dianda Putra telah meraih sebanyak 38.233 suara atau 24,11 persen disusul kemudian pasangan Murasman-Rahman (MR) 37.718 atau 23,74 persen. Jago PAN pasangan Hasani Hamid-Afrizal (H2A) memperoleh 27.352 atau 17,25 persen, Nuzran Joher-Julizarman (Nujul) 26.650 atau 16,81 persen, Herman Muchtar -Mulyadi Raf 17.868 suara atau 11,27 persen serta terakhir pasangan Zubir Muchtar-Dahnil Miftah sebanyak 10.758 suara atau 6,78 persen.

Total suara yang sudah masuk ke Panwaslu Kerinci tersebut tercatat 158.579 suara dari 238.672 suara yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Suhaimi dan Rusdy Hakim dua anggota Panwaslu Kerinci mengatakan perhitungan suara panwaslu Kerinci didasarkan pada data dari TPS yang ada di Kerinci atau 17 kecamatan yang merupakan data mentah dan langsung diakumulasikan atau dijumlahkan.

Menurut hematnya, justru perhitungan suara yang dijadikan landasan kemenangan akan dilakukan secara manual yang direncanakan akan dilaksanakan dalam beberapa hari kedepan oleh KPUD Kerinci nantinya.

“Perhitungan sementara ini untuk membantu masyarakat berkaitan dengan hasil pencoblosan, masih terbuka kemungkinan kesalahan. Karena itu, kepastian perolehan suara yang dijadikan keputusan KPUD justru dilakukan manual. Data yang kita gunakan ini dari TPS atau data mentah yang langsung kita jumlahkan,” sebut Suhaimi.

Data atau hasil perhitungan ini terangnya masih bersifat sementara lantaran ada beberapa desa lagi yang hasilnya belum masuk ke Panwas yakni 3 desa di Kecamatan Batang Merangin serta Dua desa di Kecamatan Kayu Aro.

Harus diakui katanya, suasana tegang memang menyelimuti kabupaten Kerinci terlebih lagi di pusat kota Sungaipenuh, lantaran dari masing-masing kandidat, tim dan massa pendukungnya menunggu hasil perhitungan yang dilakukan oleh masing-masing tim kandidat tersebut.

Sementara itu, dari data atau jumpa pers yang digelar oleh internal PKS atau pasangan Ami Taher – Dianda Putera di hotel Mahkota Sungai Penuh kemarin malam sekitar pukul 20.30 wib, juga menyebutkan bahwa pasangan Ami Taher-Dianda Putera, cabup dan cawabup yang maju dari jalur perseorangan dan didukung sepenuhnya oleh PKS itu mengungguli lima pasangan lainnya yakni 31.885 suara atau 31,35 persen.

Diposisi kedua ditempati oleh pasangan Murasman dengan perolehan suara 21.811 suara atau 21,45 persen, disusul Hasani Hamid-Afrizal 17.323 suara atau 17,03 persen, Nuzran-Julizarman 13.558 suara atau 13,33 persen, Herman Muchtar-Mulyadi 11.969 atau 11,77 persen serta pasangan Zubir Muchtar-Dahnil Miftah sebanyak 5.153 suara atau 5,07 persen.

“Dengan banyaknya persoalan yang ada termasuk warga yang tidak mencoblos lantaran tidak dapat kartu dan surat panggilan dan sebagainya, maka kami memperkirakan sekitar 70 persen warga yang menggunakan hak pilihny. Dari jumlah itu yang masuk ke dalam perhitungan internal kami sebanyak 60 persen atau total suara yang masuk 101.698 suara dan hasilnya pak Ami-Dianda masih unggul dan mencapai 31,35 persen,” katanya Henri Mashur Ketua DPW PKS selaku juru bicaranya.

Melihat kenyataan atau hasil perhitungan yang ada katanya, jelas pasangan AD masih unggul bahkan pilkada Kerinci hanya berjalan satu kali putaran yang dimenangkan oleh pasangan perseorangan ini. ”Dari grafik perolehan suara terlihat jelas kita unggul dan hanya berlangsung dalam satu kali putaran,” jelasnya.

Masih dari hasil perhitungan yang dilakukan sebut Henri Mashur, ternyata kedua cabup yang didukung oleh PKS ini menang mutlak di daerahnya masing-masing yakni di dua kecamatan. Seperti Cabup Ami Taher menang mutlak di Kecamatan Air Hangat dan Dianda Putra juga menang mutlak di daeranya atau kecamatan Sungaipenuh.

Ini pertanda katanya, kedua cabup dan cawabup ini sangat diterima ditengah-tengah masyarakat disamping upaya dan perjuangan yang dilakukan oleh semua pihak termasuk tim yang berjuang door to door.

Selain itu di kecamatan lain, perolehan suara oleh pasangan AD juga hampir merata. “Tentunya ini sebuah kejuatan bagi kami lantaran kedaunya sempat di fitnah atau black campaing menjelang hari pemilihan,” urainya.

Sebaliknya Cabup Ami Taher dan Dianda Putra mengatakan, hasil perhitungan suara yang telah dilakukan oleh pihaknya dan menempatkan dirinya dan pasanganya Dianda sebagai yang teratas merupakan berkah Allah SWT dan sebuah hasil dari kerja keras selama ini disamping dukungan dari berbagai pihak. “Mudah-mudahan hasil ini terus bertahan hingga perhitungan oleh KPU nantinya,” terang Ami Taher.

Tentu saja jelas Ami, dirinya berharap pilkada Kerinci berlangsung satu kali putaran apalagi jika dirinya dan Dianda berhasil juga merupakan sebuah sejarah tersendiri bagi Indonesia dimana diluar Aceh, pasangan AD membuktikan sebagai calon perseorangan pertama yang lolos sebagai Bupati dan wakil Bupati dari calon perseorangan. ”Terakhir kami minta semua calon dan juga seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal hasil pilkada ini hingga pleno KPU nantinya,” pinta Cabup Ami Taher.

Sedangkan dari tim Zubir Muchtar hingga pukul 21.00 WIB semalam dari total suara 121.673 suara pasangan Ami-Dianda juga unggul. Pasangan yang maju lewat jalur perseorangan ini memperoleh 29.996 suara, pasangan Murasman-Rahman ditempat kedua dengan 28.515 suara disusul pasangan Hasani Hamid-Afrizal dengan 23.437 suara, pasangan Nuzran-Julizarman dengan 18.515 suara, Herman Muchtar-Mulyadi Raf dengan 12.323 suara dan Zubir-Dahnil Miftah dengan 8.886 suara.

Disisi lain pihak KPU sendiri sejak jauh-jauh hari menyatakan, jika keenam pasangan calon tidak ada yang mendapatkan perolehan suara diatas 30 persen maka mutlak dilakukan pilkada putaran kedua. “Ini ketentuannya jika tidak ada perolehan suara diatas 30 persen, otomatis dilakukan putaran ke dua dan pihak KPU sendiri menargetkan putaran kedua akan dilaksanakan sekitar Desember mendatang,” tandas Wazirman, anggota KPU Kerinci. (wdo)

sumber jambi ekspres

11 thoughts on “Ami-Dianda Unggul Sementara Di PILKADA Kerinci

  1. Seharusnya data yg ditampilkan adalah data uptodate. Jgn gunakan data lama yg nantinya bisa menyebabkan masyarakat menerima informasi yang tidak benar.

  2. Kami butuh seorang pemimpin yang masih muda dan berwawasan luas..kalau pemimpinnya udah tua apa bedanya dengan Bpk. FAUZI kita sama2 bisa lihat seperti apa kerinci sekarang…?????

  3. ini nama na kembali na “si anak emas”…………..
    dianda yg dulu nya ajudan bupati trus di campak begitu saja dengan tampa alasan jelas kini kembali ke kincai dengan jabatan baru sebagai wabup…aplus buat dianda.
    tp satu pesan buat dianda “jgn arogan lg” (awas jgn bales dendam lhooo hehe). qm bangkit dr rakyat dan bela mereka.
    qm membela mu trus

    dr temen lama yg mendukung gerakan mu

  4. Selamat kepada pasangan AD. mudah-mudahan pada putaran kedua pasangan AD bisa menang, Amiiiin
    Semoga dapat membawa perubahan bagi bumi SAKTI ALAM KERINCI.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s