BURSA PILGUB JAMBI SUDAH MULAI MENGHANGAT

(by Syamul Bahri, SE pengamat di Jambi)

Walaupun PILKADA Gubernur Jambi masih cukup jauh, namun bursa Pilgub Prop Jambi pasca Zulkifli Nurdin mulai menghangat, banya tokoh yang sudah bermunculan, disamping para Bupati aktif sampai mantan Bupati muncul tokoh lainnya seperti Kemas Arsyad (rektor UNJA), H. Muradi Darmansyah (pengusaha Nasional asal Kerinci), Hazrin Nurdin dari Partai Amanat Nasional, dan mereka sudah mulai megadakan pendekatan baik melalui Parpol maupun kemungkinan jalur Independent.

Bahkan disamping tokoh tersebut, sekarang ini muncul lagi tokoh Kerinci saat sebagai tokoh nasional seperti Mairizal Meirad (dalam buku Apresiasi emas 60 Tahun Indonesia Merdeka, Pofil Tokoh, Pengusaha, eksekutif, Profesional, Pendidik & dan wanita Pengusaha Indonesia, terbitan Pusat Profil dan Biografi Indonesia tahun agustus 2005, hal 145), sekarang menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Media Asuransi Indonesia Jakarta dan Komisaris PT Maju Bersama Selaras Jakarta) merupakan sang tokoh yang diusung oleh “perahu masyarakat” namun aspirasi masyarakat sebagai perahu kembali disuarakan oleh masyarakat yang menyampaikan ke beliau menginginkan beliau untuk maju pada Pilkada Gubernur Jambi, hal ini dibuktikan dengan sinyalmen sewaktu masa kampanye Pilkada Kerinci Putaran kedua pasang calon Bupati dan wakil Bupati Kerinci berakhir Minggu (7/12), pasangan AD mendatangkan tokoh Nasional antara yakni mantan Menteri Kehutanan dan Pariwisata RI yakni Marzuki Usman, Mairizal Meirad, dan Calon Bupati yang belum mendapat peluang untuk ikut pada putaran II seperti Herman Muchtar dan Nuzran Joher, sebagaimana materi kampanye Mairizal Meirad mengajak masyarakat Kerinci untuk membuka mata dan mendukung pasangan AD ini. Betapa tidak katanya, mantan Menteri saja sudah mendukung pasangan AD

Sinyalmen rencana tersebut berduetnya Marzuki Usman (bang Juki) dengan Mairizal Meirad (Bang Mai) di Pilkada Gub Prop Jambi. dimana kedua tokoh tersebut disamping sebagai tokoh nasional, juga cukup dikenal dan merupakan tokoh yang memperhatikan masyarakat Propinsi Jambi, apalagi latar belakang beliau berdua, cukup punya potensi baik keilmuan, birokrasi, pengalaman nasional dan internasional. Namun sinyalmen ini, perlu adanya pendekatan lebih intensif anatra beliau dan jalur yang akan dipilih, apakah melalui parpol atau jalur Independent.

Munculnya tokoh-tokoh dari Kerinci Jambi Wilayah Barat memang bukan tanpa alasan, dari kajian demografi politik, geopolitik bahwa masyarakat Kerinci yang berada di Kerinci dan luar Kerinci dalam Propinsi Jambi cukup signifikant baik sebagai Guru, Pegawai, buruh, Mahasiswa, pengusaha, Transmigrasi dll dari kota sampai ke pelosok desa di Propinsi Jambi, yang sedikit banyak menjadi masyarakat yang berpengaruh dimana mereka berada, disamping itu memang setiap Calon Gubernur pada setiap priode Pemilihan melirik dan mengadakan pendekatan ke masyarakat Kerinci.

Dengan muncul dan bangkitya tokoh-tokoh Kerinci pada Pilkda Gubernur Jambi saat ini, merupakan sebuah bentuk kebangkitan Kerinci untuk menciptakan dan mengukir sejarah dan membangun di Propinsi Jambi, dan disadari bahwa tokoh Kerinci yang muncul seperti Muradi Darmansyah, Mairizal Meirad dll yang sudah mengabdi di tingkat Nasional terpanggil untuk membangun Jambi, dengan berbekal pengalaman Nasional dan Internasional tentunya memiliki nilai plus untuk membangun Propinsi Jambi, apa lagi berdampingan dengan Marzuki Usman, seorang figur yang asing lagi baik di Jambi maupun di tingkat nasional

Memang disadari secara nasional Kabupaten Kerinci memiliki gudang tokoh yang berskala nasional dan Internasional berjuang dan bekerja di luar Prop Jambi, seperti Prof Firwan Tan, Dr. Rizal Jalil, Prof Sudirman, Budi Iman MA dll.

6 thoughts on “BURSA PILGUB JAMBI SUDAH MULAI MENGHANGAT

  1. memang banyak tokoh kerinci yang pantas untuk di calonkan dalam pilgub jambi,
    sayang kekompakkan itu belum ada ,kami rasa !!!

    manfaatkanlah :
    tokoh politik nasional ad,pengusaha nasional ada, pakar ekonomi ada, apa lagi ?

  2. euforia pilgub seperti ini sudah lumrah..bukan hanya di jambi tp di semua pilkada..
    penetrasi-penetrasi politik mmg sangat dibutuhkan,namun yang perlu diperhatikan gimana cara kita dalam mengemas penetrasi-penetrasi ini agar menjadi lebih efektif dan efisien. Berdasarkan pengalaman kami yang banyak melaksanakan pendampingan pemenangan di banyak pilkada di Indonesia,masalah yg sering dialami para kandidat terletak pada penyusunan program-program yg berkompeten dlm hal pemetaan politik,mobilisasi dan pencitraan diri sang kandidat.Oleh karena itu kehadiran konsultan politik dalam pilkada sangat vital peranannya,guna untuk melakukan pendampingan bagi kandidat dalam memenangkan pertarungan perebutan kursi kepala daerah.
    Di akhir tulisan,penulis dengan rasa hormat yang sebesar-besarnya ingin mengucapkan selamat kepada para kandidat yang akan masuk dalam bursa calon gubernur pada pilgub jambi tahun depan untuk bertarung mendapatkan kursi nomor 1 di provinsi jambi dan semoga sosok yang akan memimpin jambi 5 tahun kedepan adalah sosok yang amanah dan bisa menampung aspirasi masyarakat jambi untuk membawa provinsi jambi ke hari depan yang lebih gemilang.
    bagi teman2 yang ingin sharing,memberi ktitik dan saran,mgkn bisa melalui e-mail penulis
    champions_dream@yahoo.com
    atau via telephone di 0812-744-33-989
    Salam Sejahtera
    Aryaguna (Lembaga Konsultan Politik Indonesia)

  3. Jaman sekarang siapapun yang akan menjadi pemimpin perlu dukungan dan komitmen. Tanpa itu sulit rasanya. Oleh karena perlu adanya satu calon yang didukung oleh berbagai pihak minimal oleh masyarakat kincai sendiri dan kemudian masyarakat dari kabupaten lainnya. Bersatu kita teguh bercerah kita runtuh. Semoga sukses.

  4. tokoh kerinci memang banyak yang berkompten… tapi banyk yang saling menjatuhkan.. saya yakin.. bila semua tokoh kerinci mau bersatu.. kami yakin.. BH 1 bisa di duduki..

  5. tokoh kerinci memang banyak yang berkompten… tapi banyk yang saling menjatuhkan..bila semua tokoh kerinci mau bersatu.. kami yakin.. BH 1 bisa di duduki..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s