Dinas kependudukan Kerinci Tunggu Kiriman Alat e-KTP

Minggu, 1 Januari 2012 22:59 WIB
Laporan wartawan Tribun Jambi Edi Januar
TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI-Pemkab Kerinci akan membuka pelayanan pembuatan e- KTP di setiap kecamatan yang ada. Tujuannya memudahkan warga mengakses kartu tanda penduduk elektrik itu. Namun Pemkab masih menunggu kiriman alat dari Jakarta. Kendati demikian, setiap kecamatan diminta sudah mempersiapkan pelayanannya.

Bupati Kerinci, H Murasman mengatakan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sedang mempersiapkan lokasi pembuatan e-KTP di setiap kecamatan yang ada. “Ya, mulai tahun 2012 ini, ada beberapa kebijakan yang kita serahkan kepada kecamatan, termasuk pembuatan kartu tanda penduduk, yang saat ini sedang dipersiapkan oleh dinas terkait,” jelasnya.

Kepala Disduk Syafril Hayadi mengatakan, pihaknya sedang mempersiapkan tempatnya, dan pelaksanaan tinggal menunggu datangnya perlatanan dari Jakarta. Untuk melaksanakan program itu tambahnya, pemerintah pusat sudah menyiapkan dana sebesar enam triliun, untuk pengadaan perangkat pembuatan e-KTP tersebut.

“Pemerintah daerah hanya bertanggungjawab untuk pemeliharaan dan operasionalnya saja,” tegas Syafril. Bupati dan Ketua DPRD Kerinci juga sudah menyatakan kesediaan mereka untuk menanggung dana operasional, dan dana perawatan perangkat e-KTP tersebut. “Saat ini kita hanya tinggal menunggu perangkatnya sampai di Kerinci,” sebutnya.

Ada beberapa keuntungan menggunakan e-KTP, diantaranya untuk menghindari terjadinya KTP ganda dan KTP palsu, yang saat ini banyak dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab melakukan aksi kejahatan.

“Dengan adanya e-KTP, ikut mendukung data base yang akurat, serta peningkatan keamanan negara. Selain itu, syarat pembuatan E-KTP juga sangat mudah, karena hanya membutuhkan Kartu Keluarga dan NIK,” pungkasnya.

Penulis : edijanuar
Editor : ridwan
Sumber : Tribun Jambi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s