MA Vonis Fauzi Siin (mantan Bupati Kerinci) 4 Tahun Penjara (denda Rp 2,8 Miliar)

Sumber Jambi Independent
Ditulis oleh fyo
Kamis, 23 Februari 2012 09:29

SUNGAIPENUH – Mahkamah Agung (MA) akhirnya memvonis mantan Bupati Kerinci Fauzi Si’in empat tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider enam bulan penjara. Selain itu, Fauzi Si’in juga harus mengembalikan uang hasil korupsi uang makan minum, alat kendaraan bermotor dan pengadaan alat tulis kantor sebesar Rp 2,8 miliar. Putusan Mahkamah Agung (MA) ini jauh lebih berat dibandingkan putusan Pengadilan Negeri (PN) Sungai Penuh dan Pengadilan Tinggi (PN) Jambi sebelumnya.

Jatuhnya vonis untuk Bupati kerinci dua periode ini, berdasarkan petikan putusan sidang kasasi MA nomor 257 K/Pid.sus/2011 tertanggal 26 Januari 2012, yang diketuai majelis hakim MA, Artidjo Alkostar. Dalam amar putusannya, MA memutuskan bahwa terdakwa Fauzi Si’in terbukti melakukan tindak pidana korupsi seperti yang didakwakan jaksa penuntut umum (JPU). Dalam tuntutannya, JPU menuntut Fauzi Si’in empat tahun penjara dan mengembalikan uang pengganti sebesar Rp 2,8 miliar.

Andi William, Humas PN Sungaipenuh mengatakan, pihaknya sudah menerima hasil putusan kasasi MA. Dalam putusan itu, kata dia, MA menolak kasasi Fauzi Si’in dan putusan dari PN Sungaipenuh serta PT Jambi.

Semula Fauzi Si’in diputuskan selama satu tahun penjara, dengan uang pengganti sebesar Rp 260 juta dan denda Rp 200 juta. Namun, dalam MA hukumannya menjadi naik, selama empat tahun penjara dengan denda Rp 200 juta dengan membayar uang pengganti Rp 2,8 miliar. “Dalam waktu dekat akan dilakukan eksekusi,” ujarnya. Menurut dia, Fauzi Si’in akan menjalani masa hukuman di Rumah Tahanan (Rutan) Sungaipenuh.

Upaya hukum apa yang bisa dilakukan Fauzi Si’in untuk membatalkan putusan MA? Menurut dia, upaya terakhir yang bisa dilakukan adalah upaya hukum luar biasa atau mengajukan peninjauan kembali (PK). Menurut dia, jika terdakwa tidak mengajukan PK, maka terdakwa harus menerima dan menjalani putusan dari MK dan harus mendekam dalam penjara.

2 thoughts on “MA Vonis Fauzi Siin (mantan Bupati Kerinci) 4 Tahun Penjara (denda Rp 2,8 Miliar)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s